Sosialisasi bersama TNI AL kepada SAKA BAHARI

Satuan Karya Pramuka Bahari atau disingkat sebagai Saka Bahari adalah salah satu satuan karya pramuka yang diselenggarakan secara nasional di Indonesia. Bahari secara bahasa dapat diartikan sebagai laut atau mengenai laut. Dalam kaitannya dengan kegiatan satuan karya pramuka, bahari mengandung arti segala kegiatan yang ada sangkut pautnya dengan sistem lingkungan hidup (ekosistem) kelautan dan perairan. Saka Bahari mempunyai arti sebagai wadah pembinaan bagi Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan praktis di bidang kebaharian yang berguna bagi diri pribadi, keluarga, dan lingkungan serta dapat menjadi bekal dalam mengembangkan lapangan kerja.

 

Saka Bahari menjadi salah satu Satuan Karya Pramuka yang bersifat Nasional di samping Saka bhayangkara, Saka Bakti Husada, Saka Dirgantara, Saka Kencana, Saka Tarunabumi, Saka Wanabakti, dan Saka Wira Kartika. Pembentukan dan pembinaan Saka Bahari dilaksanakan melalui kerja sama antara Gerakan Pramuka dengan TNI Angkatan Laut.

 

Dalam kegiatan sosialisai bersama dengan TNI AL, Dinas Kelautan dan Perikanan Gunungkidul mengangkat tema "Menumbuhkan Budaya Bahari di Kabupaten Gunungkidul"  agar para Saka Bahari dapat menjadi kepanjangan tangan dari Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Gunungkidul untuk dapat menyalurkan dan memberikan wawasan tentang Bahari kepada masyarakat khususnya Gunungkidul. Tidak hanya itu, Bapak Agus Priyanto pembicara sekaligus Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Gunungkidul mengatakan supaya para Saka Bahari di SMPN 1 Tepus nantinya bisa ikut serta dalam kegiatan umum yang bersifat positif seperti yang sudah di lakukan para saka bhayangkara.

 

 


Saka Bahari SMPN 1 Tepus