POSIKANDU, merupakan Pusat Kesehatan Ikan satu-satunya di Gunungkidul

POSIKANDU merupakan unit pelayanan kesehatan ikan dan lingkungan yang berstatus sebagai Unit Pelaksana Teknis Daerah, berada di bawah pembinaan dan pengelolaan Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten/Kota atau yang membidangi perikanan budidaya. Apabila di daerah tersebut sudah memiliki Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) yang membidangi kesehatan ikan dan lingkungan, maka POSIKANDU merupakan stasiun dari UPTD tersebut.

Dalam pelaksanaannya Posikandu melalui Dinas Kabupaten/Kota atau  secara langsung meminta bantuan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya atau UPTD Provinsi/Kabupaten/Kota melakukan pendampingan terhadap permasalahan yang timbul dilapangan.

Selanjutnya apabila diperlukan, UPTD provinsi/Kabupaten/Kota bisa meminta bantuan atau melakukan koordinasi pembinaan/pendanpingan  pada UPT Pusat (DJPB).

Posikandu bisa melakukan koordinasi dengan Penyuluh atau Petugas Pendamping Tenaga Kerja (PPTK secara  bersama membantu melakukan monitoring dan pembinaan ke lapangan/sentra budidaya.

Posikandu sebagai tempat konsultasi pelayanan kesehatan ikan dan lingkungan melalui Dinas Kabupaten/Kota melakukan koordinasi dengan Penyedia Obat Ikan untuk menyediakan jenis obat yang diperlukan dan bimbingan cara penggunaannya.

Pada kondisi khusus seperti terjadinya wabah penyakit atau terjadinya pencemaran yang memerlukan penanganan secara cepat, maka petugas posikandu segera melaporkan ke Direktorat Kesehatan Ikan dan Linkungan atau ke Laboratorium yang berkompeten secara formal dan informal untuk mendapat arahan tindakan yang perlu dilakukan.

Foto POS Kesehatan Ikan