Kementerian Kemaritiman Harus Fokus Garap Nelayan

 

Bisnis.com, BANDUNG—Serikat Nelayan Indonesia meminta pemerintahan mendatang mengoptimalkan potensi kelautan yang masih belum tergarap optimal guna mendukung nelayan dalam menghadapi pasar bebas Asean tahun depan. Sekjen SNI Budi Laksana menyatakan salah satu inovasi yang dilakukan pemerintahan mendatang yakni membentuk kementerian kemaritimin sebagai langkah yang strategis ke depannya mengingat lautan indonesia lebih besar dari daratan.

 

 

“Hal ini penting untuk mensenergikan antar kementerian di dalamnya karena tumpang tindih kewenangan, sehingga terhambat pelaksanaan di lapangan,” katanya kepada Bisnis, Selasa (16/9/2014).

 

Kendati demikian, lanjutnya, hal yang perlu diingat kekayaan laut bukan hanya untuk mengeksplorasi kekayaan untuk sekadar mendapatkan devisa negara. Namun, terangnya, melainkan mensejahterakan masyarakat yang hidup dan tergantung dari laut seperti nelayan yang merupakan penyumbang kemiskinan nasional sebesar 25%.

 

“Tinggal bagaimana kementerian kemaritiman ini melibatkan masyarakat nelayan. Jangan harapannya laut dijadikan ruang bisnis semata tanpa melibatkan nelayan,” katanya.

Dia beralasan keterlibatan nelayan guna meningkatkan perekonomian nelayan dalam menghadapi pasar bebas Asean.

 

sumber