Pengertian FCR dalam Budidaya Ikan

Selasa, 26 November 2019

Administrator

Artikel

Dibaca: 1672 kali

FCR (Food Convertion Ratio) adalah perbandingan antara berat pakan ikan yang sudah diberikan dalam siklus periode tertentu, dengan berat total (biomass) yang dihasilkan. Berat ikan bisa  diketahui melalui metode sampling, tanpa harus menimbang seluruh populasi ikan. Berat pakan yang dimaksud adalah berat akumulasi sejak awal penebaran benih ikan hingga pemanenan ikan.

Pada suatu usaha budidaya ikan, nilai FCR bisa dijadikan sebagai salah satu tolok ukur dalam keberhasilan baik itu secara teknis budidaya ataupun secara finansial. Satuan FCR ialah persen (%). Jika ditinjau dari segi teknis budidaya ikan, nilai FCR itu sendiri terkait dengan parameter keberhasilan pengelolaan program pakan ikan yang secara langsung maupun secara yang tidak langsung juga terkait dengan pengelolaan kualitas air dan kualitas ikan.  Secara finansial, nilai FCR akan mudah berpengaruh pada tingkat keuntungan yang didapat pada satu periode budidaya karena pakan ikan merupakan penyumbang biaya terbesar pada suatu usaha budidaya.

Rumus FCR :

FCR = Pk ÷ Ik x 100%

Keterangan :

Pk = Berat total pakan = Jumlah Pakan yang diberikan selama pemeliharaan

Ik = Berat total ikan = Berat total ikan akhir (berat panen) dikurangi berat awal atau berat benih

Adanya persepsi yang kurang benar terhadap frekuensi pemberian pakan, semakin banyak frekuensi pemberian pakan maka akan mengakibatkan FCR itu akan membengkak.Pada kondisi tersebut, frekuensi pemberian pakan harian lebih mengacu pada kuantitas total pakan harian yang sudah terdistribusi pada tiap-tiap frekuensi pakan dan tidak mengacu kemampuan  didalam mengkonsumsi pakan serta seberapa lama ikan akan membutuhkan pakan lagi.Berdasarkan penjelasan di atas, maka bisa dikatakan bahwasanya dalam menjalankan usaha budidaya, terutama pengelolaan program pakan sebaiknya tidak terperangkap oleh target FCR tanpa memperhatikan kondisi dan tingkat kebutuhan. _DioMs_

Berita Terkait

Komentar via Facebook

Kembali ke atas