Jenis Ikan Kaya Kandungan Omega 3

Kamis, 15 Juli 2021

Administrator

Artikel

Dibaca: 46 kali

Omega 3 adalah jenis asam lemak esensial yang penting untuk kesehatan. Menurut para ahli kesehatan, beberapa manfaat omega 3 antara lain: meningkatkan kesehatan mata, meminimalisir depresi dan kecemasan, membantu kesehatan otak dan tumbuh kembang bayi, menurunkan risiko jantung dan stroke, mengurangi gejala sindrom metabolic, melawan penyakit autoimun, mencegah penyakit Alzheimer, membantu mencegah penyakit kanker dan asma, menjaga kesehatan tulang dan sendi, serta dapat meningkatkan kualitas tidur dan menjaga kesehatan kulit. Kebutuhan omega 3 per hari setiap orang bisa berbeda-beda, tergantung kondisi tubuh. Dilansir dari Harvard Health Publishing, orang sehat tanpa gangguan kesehatan rata-rata disarankan mengonsumsi 1.000 miligram omega 3 per hari. Sedangkan menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), ibu hamil disarankan mengonsumsi sampai tiga gram omega 3 per hari.
Ikan Salmon selama ini kerap menjadi salah satu rujukan makanan yang mengandung omega 3 tinggi. Meskipun salmon memiliki omega 3 yang tinggi, tapi jenis ikan ini tidak tersedia di banyak tempat. Selain itu, harga salmon juga relatif mahal. Namun Anda jangan khawatir, masih banyak jenis ikan terjangkau dan tergolong makanan yang mengandung omega 3 tinggi. Menurut beberapa pakar, makanan yang mengandung omega 3 tidak hanya didominasi ikan laut seperti salmon, tuna, atau herring. Banyak ikan laut lokal yang harganya tergolong murah dan kandungan omega 3-nya cukup tinggi. Berikut beberapa jenis ikan dengan kategori makanan yang mengandung omega 3 tinggi antara lain:
-Ikan teri per 100 gram mengandung 1,4 gram omega 3
-Ikan tongkol per 100 gram mengandung 1,5 gram omega 3
-Ikan kembung per 100 gram mengandung 2,2 gram omega 3
-Ikan tuna per 100 gram mengandung 2,1 gram omega 3
-Ikan salmon per 100 gram mengandung 1,6 gram omega 3
Kebutuhan nutrisi omega 3 dapat dipenuhi dari makanan mengandung omega 3 atau suplemen. Para ahli lebih menyarankan agar setiap orang rajin mengonsumsi makanan yang mengandung omega 3 tinggi, seperti beberapa jenis ikan di atas. Konsumsi suplemen omega 3 tidak boleh sembarangan dan harus dalam pengawasan dokter. Hal tersebut karena suplemen ini memiliki efek samping dan dapat memicu pendarahan apabila diminum bersama dengan sejumlah obat. Untuk mendapatkan manfaat omega 3 yang optimal bagi kesehatan, Anda disarankan makan asupan yang mengandung omega 3 dengan takaran yang pas. Sebagai gambaran, kebutuhan omega 3 sebanyak 2,7 gram per hari setara dengan makan ikan sebanyak 300 gram.
Pilihlah jenis ikan yang baik, yaitu yang tidak tercemar logam berat dan dibudidayakan tanpa menggunakan bahan berbahaya. Konsumsi ikan segar lebih disarankan, daripada ikan beku atau ikan yang sudah diawetkan. Cara memasak ikan perlu diperhatikan. Hal ini agar kandungan gizi penting termasuk omega 3-nya tetap terjaga. Cara memasak dengan cara digoreng sebenarnya juga kurang baik bagi kesehatan.. Karena asam lemak omega 3 yang tadinya baik bagi kesehatan bisa menjadi lemak jahat trans fat. Untuk menjaga kandungan omega 3 dalam ikan, bahan makanan berbahan dasar ikan sebaiknya diolah dengan beberapa gaya kuliner khas nusantara. Bisa dibuat pepes, woku, kuah asam, arsik, pangek, atau dibakar tapi dengan dibungkus daun. Hal itu untuk mengurangi risiko karsinogen akibat proses pembakaran.

Berita Terkait

Komentar via Facebook

Kembali ke atas