Seri Pakan Ikan Alami untuk Ikan Nila : Daun Singkong

Kamis, 18 Juni 2020

Administrator

Artikel

Dibaca: 948 kali

Daun singkong juga dapat kita berikan sebagai pakan tambahan untuk ikan nila. Daun singkong dapat diberikan secara langsung ataupun dicampur dengan tepung ikan, juga dapat difermentasi terlebih dahulu.

Tanaman ini menyimpan pati (karbohidrat) dalam umbinya, sedangkan proteinnya tersimpan dalam daun. Karena kandungan proteinnya rendah, umbi singkong jarang sekali digunakan dalam pakan unggas dan ikan, lebih sering digunakan sebagai bahan pakan ternak terutama sapi.

Kandungan protein tepung daun singkong berkisar 25—28%, lemak 7—13%; serat kasar 12—17%; kalsium 1,3—1,4%; fosfor 0,3%; lysin 2%; methionin 0,4%; dan threonin 3%. Kandungan nutrisi dari tepung daun singkong ini setara dengan bahan baku alternatif sumber protein lainnya seperti DDGS (Dried Distillers Grains with Solubles/hasil ikutan produksi ethanol), tepung daun lamtoro, dan lain-lain.

Sebagai informasi, 70% bobot kering bahan organik jaringan tubuh ikan terdiri atas protein. Meski begitu, ikan tidak membutuhkan protein dalam arti yang sebenarnya. Ikan memerlukan kombinasi seimbang 20 asam amino esensial dan non-esensial utama yang menyusun protein.

Berita Terkait

Komentar via Facebook

Kembali ke atas