Sofyan, Semangatnya Selalu Muda

Kamis, 15 Juli 2021

Administrator

Informasi

Dibaca: 8 kali

Siapakah yang belum mengenal sosok pembudidaya ikan yang ramah ini ? Beliau adalah Muhammad Sofyan. Akrab dipanggil Pak Moh, tinggal di dusun Sanglor II Kalurahan Girisuko, Kecamatan Panggang. Kira-kira 40 km sisi barat daya kota Wonosari. Rumahnya di samping barat masjid Sanglor II.

Sofyan memiliki kolam ikan 10 petak berbagai ukuran, yang terbuat dari semen. Sumber air berasal dari mata air yang disalurkan melalui selang karet/plastik, mengalir sepanjang tahun. Komoditas ikan yang dipelihara antara lain ikan nila, ikan mas, lobster air tawar, dan juga ikan hias gapi.

Selain berbudidaya ikan, Sofyan juga menanam berbagai jenis sayuran dan memelihara ayam. Sofyan juga menjual bensin eceran. Bila ada tetangga yang membutuhkan tenaganya, beliau menyanggupinya. Dari hasil berbagai usaha dan ketekunannya tersebut Sofyan bisa menghidupi keluarganya.

Kini, di usianya yang tak lagi muda, beliau tetap giat bekerja. Ditemui di sela-sela kegiatannya mencetak batako pada Kamis (15/7), Sofyan menceritakan kondisi lesunya perekonomian masyarakat terdampak pandemi Covid-19. Semua serba sulit, namun kita tidak boleh menyerah dengan keadaan ini. Bekerja sebaik mungkin, pasti nanti ada rejeki, tutupnya.

 

Berita Terkait

Komentar via Facebook

Kembali ke atas